Langsung ke konten utama

Obat Malaria Dari Bahan-bahan Alami

Malaria merupakan penyakit yang disebarkan oleh jenis Nyamuk Anopheles, yang penyebarannya termasuk tinggi untuk Wilayah di Indonesia. Banyak cara untuk mengatasi malaria, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang keberadaanya sangat mudah dijumpai disekitar kita.



Gejala Penyakit Malaria

Umumnya jika seseorang terjangkit malaria dapat kita ketahui dengan tanda-tanda berikut ini :

Seseorang yang terjangkit penyakit malaria biasanya ia merasakan dingin menggigil, demam, sakit kepala, mual, muntah, kejang, keringat dingin dan rasa nyeri pada tubuh. Jika anda merasakan gejala seperti itu, mungkin anda sedang terindikasi penyakit malaria ringan.

Namun ada beberapa gejala lain yang bisa dikategorikan kedalam malaria berat, misalnya menggigil, gangguan kesadaran, kejang, gangguan pernapasan, disfungsi alat vital, gagal ginjal dan kadar gula rendah.

Cara Mengatasi Penyakit Malaria dengan Bahan Alami

Banyak cara untuk mencegah atau mengatas penyakit malaria ketika seseorang terjangkit malaria.

Untuk mencegahnya, bagi ibu hamil dan balita dapat melakukan suntik imunisasi secara rutin.

Sedangkan untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami disekitar kita yang tentunya sangat mudah kita temui.

1. Daun Papaya

Daun Pepaya sudah dikenal sejak lama untuk mengobati malaria, caranya adalah dengan mengambil daun pepaya yang sedikit muda sebanyak 2/3, kemudian cuci sampai bersih dan tumbuk atau blender hingga halus. Lalu tambahkan 3/4 cangkir air hangat dan garam. Peras dan saring airnya untuk dijadikan minuman. Minumlah paling tidak 3 kali sehari.

2. Daun Sambiloto

Daun Sambiloto juga sudah sangat terkenal dapat mengobati berbagai penyakit, terurama di Indonesia. Walaupun sangat pahit, Sambiloto merupakan obat penawar racun dan sudah biasa dijadikan sebagai jamu.

Daun Sambiloto juga bermanfaat untuk mengobati penyakit malaria, caranya dengan mengambil setengah genggam daun Sambiloto, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih. Biarkan hingga benar-benar mendidih. Ketika sudah dingin maka saring terlebih dahulu, anda dapat meminumnya 3 kali sehari dengan takaran 3/4 gelas minum.

3. Brotowali

Masih dengan dedaunan yang rasanya begitu pahit yaitu daun Brotowali. Cara membuatnya adalah dengan mengambil 3/4 jari daun Brotowali yang masih segar kemudian cuci hingga bersih. Rebus menggunakan 4,5 gelas minum air bersih dan biarkan mendidih hingga tersisa setengah saja airnya.
Minum airnya sebanyak 3 kali sehari cukup dengan 3/4 gelas minum saja. Bisa juga ditambahkan dengan gula agar tidak terlalu pahit.

4. Daun Meniran

Cara pembuatannya, setengah genggam daun meniran, cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih sampai air rebusannya tersisa 3/4-nya. Saring dan biarkan dingin. Minum airnya 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas minum dan tambahkan sedikit madu.

5. Buah Pare

Pare memiliki kandungan alkaloid yang tinggi. Alkaloid adalah salah satu produk alami yang menunjukkan aktivitas antimalaria paling efektif. Sumber lain menyatakan bahwa daun pare juga dapat digunakan sebagai pengobatan diabetes.

Cara mengobati malaria dengan daun pare adalah sebagai berikut:

  • Ambil beberapa lembar daun pare
  • Seduh daun dengan menggunakan air panas
  • Diamkan hingga daun meresap ke air selama beberapa saat
  • Saring daun pare dan ambil airnya untuk diminum.

6. Jahe

Terdapat beberapa kandungan aktif jahe yang dapat membantu meringankan gejala malaria. Salah satunya adalah gingerol yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Jahe dapat membantu meringankan rasa sakit dan mual yang menjadi gejala dari malaria.

Cara alami mengobati malaria dengan jahe adalah sebagai berikut ini:


  • Siapkan 1 potong jahe berukuran 2,5 cm dan 1,5 gelas air
  • Potong jahe dan rebus dalam air hingga air mendidih
  • Saring dan minum air jahe setelah sedikit dingin, Anda dapat menambahkan madu untuk menambah rasa manis pada air jahe
  • Minum ramuan tersebut 1-2 gelas per hari hingga kondisi pulih

Sebenarnya, Malaria bisa saja dicegah sebelum benar-benar dialami oleh seseorang. Berikut ini beberapa tips bagus buat anda agar tercegah dari penyakit Malaria.


  • Usahakan tidak terdapat air yang menggenang terlalu lama, periksa tempat-tempat tertentu yang mungkin saja anda lewatkan, sehingga bisa dipastikan tidak ada jentik nyamuk yang bersarang disani
  • Selalu jaga kebersihan rumah dan sekitarnya, pastikan bahwa tidak ada tempat lembab.
  • Jangan lupa gunakan obat nyamuk sebelum tidur
  • Konsumsi air 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Manfaat Daun Kelor untuk Tubuh, Salah Satunya untuk Obat Kanker

Mungkin selama ini banyak masyarakat yang menganggap bahwa manfaat daun kelor identik dengan mistik. Itu memang benar, sebab kelor biasanya digunakan sebagai metode untuk mengusir makhluk tak kasatmata. Selain itu, daun kelor juga biasa digunakan sebagai bahan untuk memandikan orang yang telah meninggal guna mengusir seluruh aura negatif yang masih menempel. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh? Daun kelor memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut juga dikuatkan dengan hasil yang dikeluarkan oleh Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan di antaranya dapat membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, ternyata masih banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh. Kandungan asam amino esensial yang terdapat di dalamnya juga bisa membantu perkembangan bayi dalam kandungan. Maka daun kelor jug

Tips Merawat Ibu Hamil Trimester Pertama

Perawatan Ibu Hamil Trimester Pertama - Trimester pertama merupakan masa penting karena mulai tumbuhnya organ pada awal janin mengalami perkembangan. Selanjutnya organ dan juga sistem organ akan terbentuk dengan sempurna. Pada masa penting pertumbuhan janin ibu akan dihadapi dengan perubahan fisik dan hormonal di trimester pertama. Ibu akan mengalami ketidaknyamanan sehingga seringkali merasa pusing, gangguan emosional dan juga mual. Pada kondisi inilah penting untuk ibu melakukan penyesuaian dan merawat kesehatan ibu selama kehamilan. Trimester pertama seperti disinggung pada paragraf sebelumnya sangat penting untuk pertumbuhan janin. Janin akan terbentuk dengan organ dan sistem organ yang sempurna pada trimester pertama. Selain itu pada trimester pertama sistem saraf, jantung, dan otak bayi berkembang dengan pesat. Ibu hamil juga harus hati-hati karena rentan terkena keguguran pada trimester pertama. Sehingga ibu hamil harus mengetahui cara terbaik sehingga mampu merawat janin di tri

Cara Mudah Hilangkan Bulu Halus dengan Bahan Sederhana

DokterSehat.Com – Rambut-rambut halus yang tumbuh pada beberapa area tubuh tertentu menjadikan penampilan kurang sempurna. Apalagi jika rambut halus tersebut tumbuh di sejumlah area wajah yang notabene menjadi penunjang utama bagi penampilan. Hal inilah yang membuat banyak dari Anda mencari beragam cara untuk menyingkirkan rambut halus tersebut. Dibandingkan menggunakan bahan-bahan kimia yang belum tentu aman bagi kesehatan kulit, tidak ada salahnya jika Anda menjajal sejumlah cara berikut. 1. Masker Pepaya dan Kunyit Dilansir dari laman Positive Health Wellness , Anda dapat menggunakan masker yang terbuat dari pepaya dan kunyit. Pepaya sendiri mengandung enzim papain yang akan menghancurkan folikel rambut secara alami. Enzim tersebut juga mencegah tumbuhnya rambut-rambut halus. Sedangkan kunyit mengandung bahan antibakteri yang mencegah kulit mengalami iritasi maupun breakout . 2. Masker Putih Telur Bahan lain yang digunakan untuk menghilangkan rambut halus adalah dengan menggunakan m